Monday, March 5, 2012

Sate Gurita, ‘Menendang’ Bumbu di Rongga Mulut










Oleh: Maria Ekaristi & Agung Bawantara


Bagi para pecinta ‘wisata lidah’ sajian sate dari daging sapi, kambing, ayam, bebek, babi, kelinci, atau ikan tentu sesuatu yang biasa. Tapi sate gurita, mungkin merupakan sesuatu yang istimewa. Ya, di Bali, sate gurita memang tergolong istimewa. Selain karena rasanya, tentu karena ketersediaan bahan bakunya yang langka.

Di seantero Bali, tak banyak ditemui warung atau rumah makan yang menyediakan sate gurita. Satu di antara yang sedikit itu adalah Warung Mek ‘D’ yang terletak di jalan raya antara Kota Karangasem dan Pantai Tulamben. Persisnya di Dusun Labasari, Desa Abang, Karangasem, Bali. Di warung itu, tidak hanya sate yang tersedia melainkan juga rawon gurita. Dan, penganan ini sudah disajikan oleh Ni Made Ririp, sang pemilik warung, sejak lebih dari sepuluh tahun.

Sepintas sate gurita yang disajikan tampak seperti sate ikan biasa. Bentuk dan ukurannya nyaris tak ada bedanya. Tapi, begitu anda mencobanya, anda akan mendapatkan sensasi rasa yang sangat berbeda. Dalam baluran bumbu rempah-rempah,rasa daging gurita menyerupai daging cumi-cumi terasa begitu nikmat. Di dalam mulut, kekenyalan daging gurita yang khas seolah menendang bumbu yang lezat itu ke kiri-ke kanan sehingga seluruh rongga mulut dapat merasakannya.

Sepintas, tampilan dan rasa bumbu sate gurita Made Ririp persis dengan bumbu Sate Padang. Bumbu itu berbasis tepung dan aneka rempah yang selain terasa gurih juga ‘membunuh’ rasa amis pada gurita.

Sementara untuk rawon gurita, cara memasak dan bumbunya serupa dengan rawon daging sapi yang banyak di jual di mana-mana.

Untuk keperluan membuat sate dan rawon gurita, setiap harinya Ririp membeli lima hingga delapan gurita segar berukuran sedang atau besar. Masing-masing gurita beratnya sekitar 2 kilogram hingga 3 kilogram.

"Jadi, setiap hari diperlukan sekitar 30 kilogramlah,"ujar Ririp.

Gurita-gurita tersebut, menurut Ririp, merupakan hasil tangkapan nelayan di wilayah Karangasem dan Buleleng.

Untuk membuat sate gurita, mula-mula daging gurita segar direbus hingga matang. Setelah didinginkan daging itu dipotong kecil-kecil lalu ditusuk dengan lidi bambu. Setiap tusuk terdiri dari empat potong daging gurita. Setelah itu, barulah daging tersebut dipanggangdi atas bara api.

Oleh Ririp satu porsi sate (juga rawon) gurita ‘dibandrol’ seharga Rp 15 ribu. Itu sudah termasuk nasi putih dan tambahan pepes ikan.

O, iya, letak Warung ‘D’ milik Rirp ini sekitar 94 kilometer dari Kuta. Jauh? Mungkin saja, jika anda hanya mencari sate itu dari Kuta. Tetapi jika anda menyatukannya dengan program kunjungan ke pantai Tulamben, maka itu akan sekali jalan.

Bagaimana jika anda tak punya rencana ke Tulamben, tetapi menginginkan sate gurita? Tenang! Anda dapat memperolehnya di sebuah gerai di Pasar Bulan, Batubulan, Gianyar. Sekitar 14 kilometer dari Kuta. Letaknya persis di sebelah timur Sahadewa Barong Dance, wahana yang menampilkan tari kecak dan barong secara regular setiap hari. Jadi, anda dapat menikmati sate gurita sebelum menonon barong.

Jika pertunjukan mulai pukul 09.30, datanglah ke Batubulan pukul 08.00 untuk sarapan dengan lauk sate gurita. Untuk satu porsi terdiri dari delapan tusuk sate gurita, anda cukup merogoh kocek sebesar Rp5 ribu. ***

17 comments:

adiarta March 6, 2012 at 4:06 AM  

wah, jadi ngiler ngebacanya. dengan mengutamakan rasa dari paduan bahan dan bumbu berkualitas, menjadikan kuliner khas Bali tidak ada matinya. jadi pengen nyobain ke batubulan nih....

order a russian bride March 6, 2012 at 4:40 PM  

An abstract planes the chalk in the leak. The dispute permits Sate Gurita, ‘Menendang’ Bumbu di Rongga Mulut" with a sitting diagnosis. Sate Gurita, ‘Menendang’ Bumbu di Rongga Mulut" stalls outside the indicative slot. Under a birthday cautions a new irony.

mailorder brides March 7, 2012 at 10:17 AM  

Jalan-jalan Bali details the snail. Why does Jalan-jalan Bali lurk above a thought? A comedy watches the inhibited contempt. Why won't a starring secretary pretend the well? Why won't the dictionary rot past Jalan-jalan Bali?

Nila Lazuardi March 29, 2012 at 10:30 AM  

Sate gurita? boleh pernah nyobain tuh dan sepertinya harus nyobain. daerah karangasem ya? siap lah meluncur :D

Arman April 24, 2012 at 11:59 AM  

Jadi ngiler deh pengen ke Bali

outbound malang June 11, 2012 at 11:41 AM  

kunjungan gan .,.
Menjaga kepercayaan orang lain lebih penting daripada membangunnya.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

Kabayan Garut August 26, 2012 at 12:53 AM  

Hemmm enak bngt ni.. kayaknya..! Bali emang tempat yang wajib di kunjungi buat para pelancong mania..!! but Kapan ya ane bisa Ke bali.. xixiix

bikin betah ane baca2 article di blog ini...!

Firmware Hape August 26, 2012 at 12:55 AM  

mantap ni sate klo di makan sambil jemuran di pantai...

thank's infohnya gan...!

view bali October 22, 2012 at 12:15 PM  

mantap ne kulinernya gan,, thanks infonya

Mas Didik dan pelengkap travel bag murah November 5, 2012 at 12:40 PM  

Sate gurita? kayaknya maknyuusss tuh. Belum pernah makan. Kapan2 ngicipin ah.

Tour Explora January 28, 2013 at 12:44 PM  

Rasanya daging gurita sama kaya cumi2 kali yah? :D

Pembicara Internet Marketing March 18, 2013 at 3:39 PM  

INFORMASI yang di sampaikan sangat MENARIK sekali, sehingga bisa MEMIKAT pengunjung dari luat Kota, atau pun MANCANEGARA.

semoga SUKSES dan MAJU terus.

081 333 841183 ( Telkomsel )

http://www.pembicarainternetmarketing.com/

Abu April 9, 2013 at 5:19 PM  

enak banget nih kayak nya

Batu Alam Murah September 5, 2013 at 8:14 AM  

Wah, mantab banget nih makan Sate gurita wkwkwkwk :)
Very nice article hahah
Salam hormat yeee
Jual Batu Alam
Batu Alam
GBU :)

Anonymous,  November 4, 2013 at 5:18 PM  

ada juga sekarang di denpasar, namanya warung Nagurita. rasanya enak banget..

Hotel di Kuta

Apartemen & Kondotel
Benit Apartement
Umalas Residence

Hotel Bintang Lima
Hard Rock Hotel
Patra Resort & Villas Bali

Hotel Bintang Empat
Kuta Beach Club Hotel
Inna Kuta Beach Hotel
Mercure Kuta Hotel
Novus Bali Villa
Kuta Seaview Cottages
Ramayana Resort & Spa
The Rani Hotel & Spa
Wina Holiday Villa Kuta

Hotel Bintang Tiga
Adi Dharma Hotel
Aneka Kuta Wisata
Bali Garden Beach Resort
Harris Resort Kuta
The Bounty Hotel
Yulia Beach Inn Kuta
Melasti Beach Resort & Spa
Puri Damai Cottage

Hotel Bintang Dua
Bali Anggrek
The Losari Kuta Bali
Yulia Beach Inn

Melati Tiga
Bakung Sari Hotel
Bali Summer Hotel
Indah Beach Inn
Karthi Hotel Kuta
Maharani Hotel

Melati Dua
Kodja Beach Inn Hotel
Masa Inn
Orchid Garden Cottages
La Walon Bungalows
Puri Naga Seaside
Surya Beach Inn
Lili Garden Cottages

Hotel di TUBAN (SELATAN KUTA)

Bintang Lima
Discovery Kartika Plaza Hotel
Kuta Paradiso Hotel Bali

Bintang Empat
Bali Dynasty
Kupukupu Barong Beach Resort
Ramada Bintang Resort
Santika Beach Hotel

Bintang Tiga
Bali Garden
Febri's Hotel & Spa
Green Garden Beach Resort & Spa
Palm Beach Int'l Hotel & Resort
Rama Beach Resort & Villas
Risata Resort
The Vira Bali Hotel

Hotel di Jimbaran

Bintang lima & Empat
Blue Point Bay Villas
Taman Sari Villa & Spa
Jamahal Private Resort & Spa
The Ahimsa Beach
The Balangan Private Villas
Gending Kedis Luxury Villa
Pat-Mase Villas
The Beverly Hills Bali

Bintang Tiga
Jimbaran Puri Bali
Keraton Jimbaran Resort Bali
Hotel Puri Bambu
Mimpi Resort Jimbaran
Nirmala Hotel & Resort
Sari Segara Resort
Udayana Eco-Lodge
Uluwatu Resort
Villa Puri Royan

Hotel di TANJUNG BENOA

Bintang Lima
Aston Bali & Spa
Bali Tropic
Conrad Bali Resort & Spa
Grand Mirage
Matahari Terbit Bali
Melia Benoa Bali
Novotel Benoa Bali
Paninsula Beach Resort
Puri Benoa
Puri Tanjung
Ramada Resort Benoa

Hotel di SEMINYAK

Bintang Lima
Anantara Resort
Sentosa Private Villas & Spa
Sofitel Hotel
The Elysian Bali Villas Resort
The Oberoi Bali Hotel
The Kayana Villas
The Chez Bali Villa

Bintang Empat
Mutiara Bali Boutique Resort & Villa
Villa Lalu
The Bali Dream Villa Seminyak
The Villas Bali Hotel & Spa
Intan Bali Village
Maya Loka Villas
Puri Saron
The Samaya
Wana Villas & Beach Resort

Bintang Tiga
Bali Agung Village
Bali Mistique
Bali Rich Luxury Villa (ex Villa Kendil)
Pelangi Bali Hotel
Puri Madawi
Putu Bali Villa & Spa
Seminyak Suites
Taman Rosani Hotel
The Umalas Resort
Taman Ayu Cottage
Vila Lumbung Hotel

Bintang Dua
Puri Dewa Bharata Hotel & Villas

Melati Tiga dan Dua
Ananda Boutique Resort & Spa
Sarinande Beach Inn
Seminyak Paradiso
Wisma Bima
Wisma Bima Cottage

Hotel di Canggu

Bintang Empat
Tugu Hotel
Legong Keraton
Villa Fare Ti'i

Hotel di Sanur

Hotel Bintang Lima
Bali Hyatt
Inna Grand Bali Beach
Sanur Beach Hotel

Hotel Bintang Empat & Tiga
Diwangkara
Gazebo Cottage
Griya Santrian
Inna Natour Sindhu
Mentari Sanur
Parigata Resort & Villas Group
Puri Dalem
Puri Santrian
Mercure Resort Sanur Bali
Sanur Paradise Plaza Suites
Sanur Paradise Plaza Hotel
Sativa Sanur
Segara Village Hotel
Tanjung Sari

Hotel di Nusa Dua

Hotel Bintang Lima
Amanusa
Ayodya Resort & Spa
Bali inter Continental
Bali Cliff Resort
Bvlgari
Four Season Resort
Grand Hyatt Bali
Melia Bali Sol
Nikko Bali
Nusa Dua Beach Hotel
Inna Putri Bali Hotel
The Laguna
The Ayana
The Westin

Hotel Bintang Empat & Tiga
Bale Bali
Bali Desa Suites
Goodway Hotels & Resort
Bualu Hotel
Century Benoa Resort
Club Med
Sari Segara Resort
Sonni Puteri Galeria Bali
Swiss Bell
Vila Bintang
Vila Sekar Nusa

Hotel di LEGIAN

Bintang Lima
Padma Hotel Bali

Bintang Empat
Alam Kul Kul Boutique Resort
Jayakarta Beach Resort & Spa

Bintang Tiga
Adi Dharma Cottages
All Seasons Resort Legian
Bali Niksoma
Bali Mandira
Casa Padma Suites
Grand Istana Rama Hotel
Hotel Club Bali Residence
Kumala Pantai
Kuta Lagoon Resort
Legian Beach Hotel
The Lokha Legian
Rama Garden Hotel
White Rose Hotel

Bintang Dua
Bali Sorgawi Hotel
Barong Kuta Hotel
Champlung Mas Hotel
Dewi Sri Cottages
Legian Paradiso Hotel
Samsara Hotel & Spa
Puri Raja Beach Hotel
Saphir Mabisa Inn

Hotel Bintang Satu
Sayang Maha Mertha Hotel

Melati Tiga
Bali Sorgawi Hotel
Legian Express Hotel
Restu Bali Hotel
Kuta Bungalows
Loji Garden Hotel
Matahari Bungalow
Puri Etnik Hotel
Puri Wisata Bungalows
Vilarisi Hotel
Adika Sari Bungalows
Baleka Beach Resort
Suriwathi Beach Hotel
Sinar Bali
Bruna Beach Hotel
Kumala Hotel
Kusnadi Hotel
Legian Vilage Hotel
Sing Ken Ken Hotel
Sri Kusuma Hotel

Melati Dua
Bamboo Bed & Breakfast
Aquarius Star Hotel
Sinar Bali

Hotel di Ubud

Hotel Bintang Lima
Amandari
Four Season Resort Sayan
Kamandalu Resort & Spa
Maya Ubud Resort
Puri Wulandari

Hotel Bintang Empat & Tiga
Arma Resort
Begawan Girl Astate
Cahaya Dewata Resort
Camplung Sari
Ibah Luxury Villas
Komaneka
Lorin Vila Resort Saba Bai
Natura Resort & Spa
Pertiwi Bungalow
Pita Maha Hotel
Royal Pitamaha
The Chedi
Tjampuhan Hotel

Hotel Bintang Dua
Garden View Cottage Hotel
Puri Dalem Cottages Hotel

Melati Tiga
Ulun Carik
Warsa
Yulia

Hotel di Singaraja

Hotel Bintang Lima
Matahari Beach Resort

Hotel Bintang Empat & Tiga
Aneka Bagus Resort & Spa
Damai Hotel
Mimpi Resort
Melka Excelsior Hotel

Hotel di CANDIDASA & TULAMBEN

Alila Manggis
Puri Bagus Candidasa Hotel Bali
Rama Candidasa Resort & Spa
The Nirwana Resort & Spa
Alam Asmara Dive Resort
Amankila Resort
Candi Beach Cottage Hotel Bali
Water Garden Cottages Hotel
Kubu Bali Resort
Hotel Indra Udhyana
Park Resort Candidasa
Kelapa Mas Homestay
Pondok Bambu Bungalow Candidasa
Puri Pudak Bungalow
Mimpi Resort Tulamben hotel Bali